Filled Under:

PILIH TEMPAT GADAI BPKB MOBIL DI BANK ATAU FINANCE?



GADAI BPKB MOBIL adalah salah satu cara untuk mendapatkan Pinjaman Dana atau Uang Tunai. Pastikan anda memilih tempat resmi sehingga keamanan dan agunan anda terjamin.
Ada 2 tempat yang sering menjadi pilihan konsumen untuk menggadaikan bpkb mobil, yaitu Bank dan Perusahaan Pembiayaan (Finance).

Bank dan Finance adalah 2 tempat favorit yang menjadi pilihan masyarakat dalam mendapatkan PINJAMAN UANG dengan cara GADAI BPKB MOBIL. Apa saja kekurangan dan kelebihannya? Mari kita simak bersama.

  • PROSES KERJA
Dalam hal ini Finance bisa dikatakan lebih unggul dari Bank karena lebih cepat. Dalam memproses pengajuan anda Finance membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja sudah termasuk collect data, survey, cek fisik mobil dan pencairan. Bank membutuhkan waktu yang lebih lama sekitar 3-4 hari kerja karena mewajibkan proses BI CHECKING atau cek riwayat perbankan kepada setiap konsumen yang mengajukan kredit pinjaman. Sehingga terjadi 2 kemungkinan, apabila riwayat perbankan anda bagus maka proses dilanjutkan, namun apabila kurang bagus atau tidak bagus (blacklist) maka sudah pasti pengajuan anda tidak akan dilanjutkan.

  • KEAMANAN
Untuk hal ini Bank dan Finance memiliki standar keamanan yang sama baiknya. Antara lain kepastian keamanan rahasia data anda, terjaminnya keamanan agunan (bpkb mobil) anda dan keamanan unit mobil anda dengan cara diasuransikan.

  •  RATE / SUKU BUNGA
Dalam menentukan besar suku bunga suatu kredit pinjaman, masing-masing perusahaan baik Bank atau Finance memiliki kebijakan tersendiri dari manajemennya. Suku bunga sangat bervariasi, namun standarnya berkisar di angka 0,9% – 2% perbulan.

  • BIAYA – BIAYA
Setiap memproses kredit pinjaman yang sudah disetujui / approve, baik Bank atau Finance memberikan rincian biaya-biaya yang harus anda penuhi.

Biaya kredit pinjaman Bank antara lain biaya provisi, administrasi, asuransi jiwa, asuransi mobil dan blokir bpkb. Biaya tersebut biasanya langsung diambil atau dipotong dari dana yang dicairkan, sehingga dana yang anda terima tidak utuh.

Biaya kredit pinjaman Finance antara lain biaya administrasi dan biaya asuransi. Biaya tersebut tidak dipotong saat pencairan dana namun digabung dalam angsuran perbulan, sehingga dana yang anda terima utuh. Sistem ini membuat angsuran kredit pinjaman Finance terkesan lebih besar atau lebih mahal dari pada Bank, tapi sebenarnya sama saja.

  •  PELAYANAN
Saat ini pelayanan kredit pinjaman Bank dan Finance sudah memiliki standar yang sangat baik. Ini dibuktikan dengan banyaknya kantor cabang, sistem pembayaran online, dan penghargaan-penghargaan bergengsi yang diberikan oleh biro riset keuangan (INFO BANK AWARD, INVESTOR, INDONESIA MULTIFINANCE AWARD) kepada Bank dan Finance yang memiliki pelayanan terbaik.